Masyarakat Jurnalis Lingkungan Desak Pemerintah Bebaskan Jurnalis Mongabay

January 22, 2020
test

JAKARTA—The Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ) atau Masyarakat Jurnalis Lingkungan Indonesia, mengecam pemidanaan jurnalis Mongabay Philip Jacobson oleh Kantor Imigrasi Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Philip ditangkap dan ditahan pihak imigrasi pada Selasa, 21 Januari atas dugaan pelanggaran visa selama berada di Palangkaraya.

 

Sebelumnya, editor Mongabay ini sudah sebulan menjadi tahanan kota sejak 17 Desember 2019, tak lama usai menghadiri audiensi Solidaritas Peladang Tradisional dan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) bersama DPRD Kalimantan Tengah. Philip dicurigai menggunakan visa bisnis untuk melakukan kegiatan jurnalistik.

 

SIEJ menilai penangkapan dan pidana terhadap Philip Jacobson sebagai tindakan yang berlebihan. Dikatakan berlebihan, karena sebelum ditetapkan sebagai tersangka, Philip terlebih dahulu menjadi tahanan kota selama satu bulan. Persoalan administrasi pada visa jurnalis asing selama ini diselesaikan lewat cara deportasi. Namun pada kasus Philip, pihak imigrasi memberlakukan proses hukum yang lama. Hal ini menimbulkan kecurigaan, ada persoalan serius di balik audiensi Peladang Tradisional dan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) bersama DPRD Kalimantan Tengah, terutama terkait dengan lahan.

 

Pemidanaan Philip juga patut dikecam karena akan mengulang preseden buruk bagi iklim kemerdekaan pers kita. Sejak lama pemerintah didesak untuk tidak mempersulit akses bagi pers asing meliput di Indonesia. Keterbukaan informasi ini sangat penting agar hak publik atas informasi yang komprehensif serta objektif tidak diintervensi oleh pihak manapun. Pemidanaan  Philip erat kaitanya dengan profesinya sebagai jurnalis Mongabay yang selalu kritis memberitakan isu lingkungan, termasuk di Indonesia. Untuk diketahui, wilayah Kalimantan Tengah termasuk provinsi yang menjadi titik kebakaran hutan dan lahan dengan dampak yang cukup parah. 

Atas dasar tersebut SIEJ menyatakan sikap:

 

1. Mengecam penahanan dan pemidanaan Philip Jacobson. 

2. Mendesak Kantor Imigrasi Palangkaraya untuk membebaskan Philip Jacobson dari tuduhan pidana pada kasus ini.

3. Menyerukan jurnalis untuk tidak surut memberitakan persoalan lingkungan dan ketidakadilan, dengan profesional dan mengedepankan integritas.

 

Narahubung:

Ketua Umum SIEJ, Rochimawati

Ketua Bidang Kampanye, Adi Marsiela

Add Your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Your Name *

Your Mail *

Your Comment*