tentang siej, visi misi siej, jurnalisme lingkungan, environmental newsroom

Tentang SIEJ

Masyarakat Jurnalis Lingkungan Indonesia atau The Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ) dideklarasikan oleh 45 jurnalis dari berbagai daerah di Indonesia pada 22 April 2006, bertepatan dengan peringatan Hari Bumi di Taman Nasional Leuser, Tangkahan Sumatera Utara.

Tujuan utama SIEJ adalah membangun jaringan jurnalis dan media untuk mendorong peliputan lingkungan yang kritis dan berpihak kepada kebenaran. SIEJ juga wadah peningkatan skill serta kapasitas jurnalis untuk isu-isu peliputan lingkungan. Hingga saat ini SIEJ memiliki anggota kurang lebih 200 orang jurnalis aktif, baik jurnalis freelance maupun jurnalis yang berkerja di perusahaan media. Anggota SIEJ tersebar di 25 daerah SIMPUL SIEJ yang berbasis di masing-masing provinsi.

Selama ini SIEJ telah bekerjasama dengan lembaga di dalam dan luar negeri dalam berbagai kegiatannya, seperti Packard Foundation, Earth Journalism Network – Internews, WRI, Ford Foundation, CLUA, Yayasan Kehati, TNC, CI, WWF Indonesia, Cifor, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, MFP 2 & 3, dan sebagainya

VISI

Masyarakat Jurnalis Lingkungan Indonesia memiliki visi membangun masyarakat sadar informasi dan sadar lingkungan melalui jurnalisme lingkungan berkualitas tinggi.

MISI

  1. Misi Masyarakat Jurnalis Lingkungan Indonesia adalah meningkatkan pemahaman publik akan isu lingkungan dengan meningkatkan kualitas liputan lingkungan.
  2. Misi Masyarakat Jurnalis Lingkungan Indonesia adalah memberikan dukungan 
penting kepada jurnalis dari semua media dalam upaya meliput isu lingkungan yang rumit dengan penuh tanggung jawab dan mengembangkan jurnalisme advokasi lingkungan.
  3. Misi Masyarakat Jurnalis Lingkungan Indonesia adalah menyediakan layanan yang khas untuk para jurnalis aktif berupa program pendidikan, seminar, atau konferensi, publikasi khusus cetak maupun elektronik, penghargaan untuk karya jurnalistik lingkungan terbaik, dan bentuk kegiatan lainnya.
  4. Misi Masyarakat Jurnalis Lingkungan Indonesia adalah meningkatkan kesadaran para editor, pengelola, penerbit, dan pengambil keputusan kunci lainnya di media, mengenai nilai dan kepentingan peliputan berita-berita lingkungan.

Join Our Mission to Improve a Child's Feature, Pet’s Life and Our Planet.